JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKASI BARU 2017

18.40




Di awal taun 2017 ini, saya diundang dalam acara yang luar biasa oleh bloggercrony. Waktu pertama kali mendengar tentang Jakarta Aquarium, aku mengira ini adalah nama toko atau nama wahana seperti SeaWorld.

Setelah aku mengikuti acara ini, ternyata aku mendapatkan pengetahuan yang berbeda dan luar biasa. Mari kita simak penjelasannya. 

Apakah Jakarta Aquarium itu ?



Merupakan lembaga konservasi yang menjadi salah satu destinasi wisata baru untuk rekreasi keluarga yang dipersembahkan oleh Taman Safari Indonesia Group berkolaborasi dengan Aquaria Sdn. Bhd.


Jakarta Aquarium hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban sebagai tujuan rekreasi keluarga dengan konsep “Urban Escapism”. Menggabungkan kekayaan alam Indonesia dan kebudayaan Indonesia dengan teknologi.


Jakarta Aquarium menjadi aquarium yang berada di dalam mall pertama di Indonesia. Makna aquarium disini bukan hanya seperti aquarium pada umumnya, namun secara lebih spesifiknya, Jakarta Aquarium adalah sebuah lembaga konservasi ex-situ. 

Apalagi itu Ex-Situ?


Lembaga Ex-Situ adalah lembaga konservasi yang melakukan aktivitas konservasi di luar habitat alaminya. Sebagai contoh adalah Piguin, yang hidup di habitat aslinya di alam liar, namun oleh lembaga konservasi Ex-Situ, Piguin itu dikembangbiakkan dengan kondisi 90% menyerupai kondisi asli alaminya. 

Mulai dari perbandingan air , daratan, udaranya, suhu, semuanya diperhitungkan sedemikian rupa sehingga Piguin yang hidup di tempat konservasi Ex-Situ layaknya berada di rumah sendiri. 

Jakarta Aquarium masih dalam naungan Taman Safari Indonesia dan di bawah pengawasan dari Aquaria Singapore, jadi tidak usah diragukan lagi tentang bagaimana pengelolaan satwa yang hidup dalam konservasi tersebut. Mereka sudah berpengalaman puluhan tahun. 

Dimanakah Jakarta Aquarium itu?

Kawasan Podomoro City Jakarta Barat
 
Berada di mall Neo Soho di kawasan superblock Podomoro City yang terhubung langsung dengan mall Central Park melalui Sky Bridge. Lokasinya sangat strategis dan mudah ditempuh dengan berbagai pilihan kendaraan, berada di Jakarta Barat, dan berdampingan dengan mall Taman Anggrek. 

Apa saja yang ada di Jakarta Aquarium ?

Jakarta Aquarium lebih dari Aquarium biasa. Berbagai macam aktivitas yang disediakan sangat menarik, diantaranya : 

-          Seatrek
Aktivitas ini bisa dinikmati pengunjung selama + 20 menit.

-          Touch Pool
Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan menyentuhnya.

-          Otter Tunnel
Terowongan anak untuk melihat berang-berang.

-          Kids Classroom
Kelas kegiatan seru untuk anak.

-          Diving
Menyelam di Ocean Tank  bisa menjadi pilihan yang bagus.

-          4D Movie
Menonton  dengan cara yang tidak biasa.

-          Toko Souvenir dan Boutiqe
Kita bisa membeli oleh-oleh yang unik.

Kita sudah keliling melihat seperti apakah Jakarta Aquarium itu, banyak wahana yang harus di coba, namun sekarang waktunya istirahat dan mengisi tenaga dengan makanan dari restoran yang juga bagian dari Jakarta Aquarium itu sendiri, namanya Pingoo Restaurant. 


Menikmati santapan lezat di Pingoo Restaurant



Restoran yang satu ini sungguh berbeda. Selain menikmati makanan yang disediakan kita juga bisa memanjakan mata dengan lucunya tingkah Piguin Humbolt. 

Pigiun disini termasuk dalam kategori unggas sub-tropis yang aslinya berasal dari Chile dan Peru. Ukurannya 56 - 70 cm, dengan berat 3,6 – 5,9 kg, yang mencapai usia dewasa pada usia 3 tahun. Suhu tempat tinggalnya sekitar 28 – 25 derajat Celcius yang sudah di kondisikan sama dengan suhu ruangan restoran itu sendiri. 


Ketika aku berinteraksi secara langsung dengan Piguin itu karena dapat kesempatan untuk memberi makan ikan Teri, aku melihat Piguin itu sangat agresif dan bersemangat, asyik berenang dan bermain,  tidak ada tanda-tanda stress seperti menyendiri dan murung.





LSS yang sangat memadai

LSS atau Life Support System yang ada di belakang layar dari tempat tinggal Piguin ini sudah sangat mumpuni, dibangun dengan profesianal dan harga mencapai milyaran. Sehingga keselamatan dan berlangsungnya kehidupan Piguin itu sendiri sudah sangat diperhitungkan dengan detail dan matang.


Di bawah naungan dari Taman Safari yang sudah berpengalaman mengembangbiakkan Piguin Humbolt ini puluhan tahun, bahkan sekarang sampai pada generasi ketiga, aku rasa tidak ada yang perlu dikuatirkan, dan yang mengurusi Piguin itu sendiri memang dipilih dari orang yang sudah pengalaman dalam mengurusi binatang, nampak pada seragamnya yang berlogo Taman Safari dan terlihat sangat profesional menangani Pinguin itu.


Dokter hewan pun 24 jam x 7 hari siap merawt dan memeriksa setiap Piguin yang tinggal disana. Aquarium tempat tinggal Piguin di desain agar bisa menstimulasi Pinguin, terdapat pula kolam arus.  

Keberadaan Jakarta Aquarium sendiri sudah memenuhi berbagai  Peraturan dari pemerintah, dan Kriteria Taman Satwa yang sesuai dengan undang-undang. Selain itu Jakarta Aquarium juga telah memenuhi standar internasional Assosiation of Zoo and Aquarium (USA). 



Ketika nanti Jakarta Aquarium telah di buka, Insyallah pada Februari 2017, maka Piguin Humbolt di Pingoo tidak kesepian lagi, banyak teman satwa yang lain akan menemani. Yeyy akhirnya. See You Soon. 

Sumber foto :
- Website anakjajan
- Website taman safari
- Website aquaria
- Website Jakarta Aquarium
- Dokumentasi pribadi


Untuk keterangan lebih lanjut ikuti perkembangannya di media sosial ini :
facebook : Jakarta Aquarium
twitter : Jakarta Aquarium
instagram : Jakarta Aquarium



You Might Also Like

4 komentar

Instagram