Inilah Penyebab Amal Tak Diterima [Part III ]

14.04

Pembahasan kali ini masih mengenai berbagai macam niat yang ada diikrarkan dalam hati. Setelah dua niat yang kemarin dijelaskan dalam bagian ini dan ini, maka akan saya lanjutkan dengan bagian ke tiga.

3. Amal / perbuatan yang dikerjakan niat karena Allah, dan disertai keinginan lain yang tidak dianjurkan dan diperbolehkan dalam agama.

Misalnya karena ingin sanjungan, pujian dan kedudukan.

Maka, hukumnya ada dua untuk amal yang seperti ini:


  • ‌Jika keinginan lain itu sudah tersebut di awal sebelum beramal, Maka amal itu RUSAK dan tidak diterima oleh Allah. 


Contohnya : Seorang A ingin bershodaqoh, karena disampingnya banyak orang, ia sengaja memperlihatkan uang yg ia shodaqoh kan, bertujuan agar dia dipuji sebagai DERMAWAN. Maka amal yg ia lakukan ini rusak dan tidak diterima.


  • ‌Jika keinginan itu muncul ditengah perjalanan saat dia beramal, awalnya ia niat murni karena Allah, namun terdapat gangguan hati sehingga niatnya berubah menjadi riya'. Maka kasus seperti ini hukumnya dibagi dua :



  1. Jika keinginan untuk berubah niat menjadi riya' itu ditolak oleh hatinya, ia tetap menjaga hatinya untuk terus karena Allah, maka amalannya TETAP SAH. Karena ia sadar bahwa gangguan tadi adalah dari syaitan.
  2. Namun jika keinginan untuk merubah niat itu dituruti, maka hukumnya niat seperti juga dibagi 2 lagi. Apakah hukumnya?
Insyaallah akan dibahas di pos selanjutnya..

#ODOP
#ODOP4
#BloggerMuslimahIndonesia

You Might Also Like

0 komentar

Instagram