Panen Pahala dari Niat [ Part II ]

17.23



Setelah postingan saya yg kemarin tentang Niat Murni , maka disini akan saya lanjutkan sedikit keterangan tentang bagaimanakah Niat Murni sebenarnya.

Niat murni adalah niat karena Allah yang benar-benar mengharap hanya wajah Allah, hanya Rahmat Allah, dan hanya Ridho Allah semata tanpa ada niatan lainnya.

Pemilik niat hanya melihat Allah, di setiap perbuatan yang ia kerjakan, entah itu sesepele apapun. Ia hanya mempersembahkan segala yang ia miliki hanya kepada Allah semata.

Sebagai contoh hal sepele yg mungkin kadang kita kurang sadari, yaitu memakai baju. Memakai baju adalah yg sangat biasa dilakukan oleh semua manusia setiap hari, namun ternyata, sebuah niat yang kecil bisa membuat memakai baju menjadi ladang pahala yang besar.

Seorang ibu rumah tangga memilih baju yang ada di lemarinya. Jika sang ibu ini mempunyai niat murni maka beliau akan berkata dalam hatinya :

" Aku niat memakai baju ini, hanya mengharap Ridho Mu ya Allah, sesuai dg perintah yang telah kau Firmankan agar aku selalu menutup aurat ku. Aku memakai baju ini dg niat menetapi peraturan Mu Ya Allah."
Kemudian dilanjutkan berdoa.

Inilah ladang pahala yg tak terkira, hal yg sangat biasa dan sepele bisa membuat kita memanen pahala tanpa susah payah.

Namun jika sang ibu ini memakai baju hanya sekedar nya saja, pokoknya setelah mandi, kemudian pilih baju dan dipakai, ga ada niat apa- apa, ia memakai baju hanya sekedar kebutuhan badan yg perlu ditutupi, karena kalau tak pakai baju dikatakan orang gila, maka kegiatan yang ia lakukan pun tak berpahala.

Nah sayang sekali kan. Kalau kita melewatkan satu hal yang sepele saja dalam 24 jam keseharian kita, tanpa ada pahala yang dipanen.

Selain itu, Niat Murni akan memunculkan hal lain yang sangat istimewa. Yaitu Allah memberikan balasan berupa kebahagian dan nikmat dunia yang tanpa disangka-sangka.

Sesuai dg Surat Al Lail ( 19 - 21)

- Tidak ada nikmat ( amal ) bagi seseorang yang dibalas di sisi Allah (19)

- Kecuali karena mencari wajah Tuhannya yang Maha Mulia (20)

- Dan Dia pasti akan Ridho/senang (21)

Menurut ayat diatas, maka Allah akan membalas segala perbuatan yang diniatkan dg mencari wajah Allah, Allah akan membalas dg nikmat dan Allah pun Ridho kepada mereka.

Kita ketahui sendiri bahwa balasan Allah kepada Hambanya sungguh sangat luar biasa. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita selalu menata hati kita agar selalu niat murni karena Allah dalam segala macam perbuatan.

Walaupun dalam hati kita tak terbersit tentang hal keduniaan dan hal lainnya,  ketika niat kita sudah Murni karena Allah, maka Allah akan memberikan itu secara cuma-cuma.


#ODOP
#ODOP3
#BloggerMuslimahIndonesia

You Might Also Like

0 komentar

Instagram